Ajér, The Next Big Things from Malang


indieGO! - Istilah "musik dapat membawa kita ke dimensi lain" memang benar adanya. Apalagi jika kita mendengarkan sebuah musik yang berkualitas tinggi. Sudah pasti angan dan khayalan dibawa jauh, entah kemana. Tsahelah, bahasanya tinggi bener dah ya.

Nah, ngomong-ngomong soal musik dengan kualitas tinggi, yang ada di pikiran saja langsung band folk asal Malang bernama Ajér. Sebuah kelompok musik beranggotakan 5 orang yang memang sudah master-master banget (kalo ga bisa dibilang sepuh) soal musik. Ada Donny eks "Freshwater Fish" di vokal. Di drum dan perkusi, ada Alo, eks The Monalisa. Nova Ruth di pianika dengan sesekali nemenin Donny di vokal. Oh, gak lupa sama Astu Prasidya, animator banyak prestasi yang bertugas metikin senar banjo. Dari mereka inilah, jadi musik keren nan mewah dalam naungan Ajér.

Btw, sedikit ngomongin soal filosofi nama nih, nama Ajèr pun tercetus dari salah satu personilnya yang berarti ‘Lebur’, dengan harapan bahwa karya-karyanya mampu membaur di belantika musik Indonesia. Band ini terbentuk atas dasar keisengan belaka ketika ada tawaran untuk membuka sebuah pameran seni rupa.

Komposisi mereka berlima memang akhirnya menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi. Nova Ruth memainkan pianika sambil sesekali melengkapi vokal Donny dengan suara bulatnya, Donny dengan suara tertatih-tatihnya, ditopang oleh Nova Ruth dengan suara wanita lembut, bulat nan kuat. Ini masih ditambah sama suara drum sederhana dari Alo dan petikan banjo dari Astu. Musik mereka memang bisa membuat para pendengarnya berimajinasi kemana-mana. Berbagai dimensi yang gak bisa digambarkan kalo gak ngedengerin musik mereka sendiri.

Lalu apa lagu jagoan mereka? Hei, dengerin Pena Hitam dong. Lagu yang mewah ditambah lirik yang kuat dan dalem.Saya pertama kali ngedengerin lagu ini ketika dikirimin sama Astu ke radio tempat saya kerja. Walah, sempat ga menyangka kalo akan sekeren ini lagunya. Serius, ini lagu keren dari band keren. Mendekati sempurna. Sorry kalo terlihat berlebihan, tapi seperti saya bilang tadi. Anda harus dengerin sendiri supaya bisa membuktikan kehebatan Ajér.

Hasil rekaman Ajér memang belum beredar, Vroh & Broh. Tapi tenang, kabarnya sih single Pena Hitam bakalan masuk dalam bentuk kompilasi barengan sama grup musik lainnya di Malang. Ada juga kabar yang mengatakan kalo album pertama mereka lagi dalam proses nih. Tinggal nunggu waktu aja buat rilis. Gak apa-apa deh harus nunggu, paling enggak kan, Broh & Vroh udah bisa dengerin lagu Pena Hitam di soundloud mereka.

Okelah, Vroh & Broh, dinikmatin aja dulu lagu Pena Hitam dari Ajér, kelompok musik yang disebut sama beberapa arek Malang sebagai "The Next Big Things" yang Malang miliki. Setuju ga? Saya mah setuju aja. (rahendra13)
Share this post :

Posting Komentar

 
Template By Creating Website | Design by Adip
Copyright © 2013. indie Go - All Rights Reserved